STATISTICAL PROCESS CONTROL BERBASIS MINITAB 14 – BANDUNG

[S093]

17 – 20 Oct 2016
29 Nov – 02 Dec 2016
27 – 30 Dec 2016

TEMPAT

Kagum Group Hotel, Bandung.
available for request at Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali

INHOUSE Request? call us

INVESTASI

Rp. 8.500.000/person (full fare)
Rp. 7.950.000/person (early bird, payment 1 week before training)
Rp. 7.500.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITY :
 Training Hand Out
 Digital Material
 Certificate
 Exclusive Souvenir
 Qualified Bag
 Training Photo
 Training room with full AC facilities and multimedia
 Once lunch and twice coffee break every day of training
 Qualified Instructor
 Transportation from airport / railway to hotel and from hotel to the training venue (3 person from one company)

FASILITATOR

  1. Ayi Tejaningrum, SE.,MT. and Team

DESKRIPSI

STATISTICAL PROCESS CONTROL BERBASIS MINITAB 14 – BANDUNG

Pada dekade saat ini, terjadi suatu pola siklus hidup produk ataupun perusahaan yang relatif sangat cepat dibandingkan dengan satu dekade sebelumnya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kecepatan pola perubahan selera konsumen yang dipicu oleh ketajaman daya kompetitif antar perusahaan yang menawarkan produk dengan keragaman yang semakin tinggi dari berbagai aspek. Banyak perusahaan yang memiliki waktu singkat dalam siklus kematangan dan secepatnya menuju ke tahap kematian atau penurunan. Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dialami oleh industri global yang salah satunya adalah Motorola, merupakan perusahaan terkemukan di Amerika Serikat dalam industri televisi, telah menghadapi proses perubahan yang cepat dari selera konsumen dengan mencoba menerapkan ”Six Sigma”.

Dalam pengertian yang kongkret Six sigma dapat diartikan sebagai target yang tidak lebih dari 3,4 kerusakan per sejuta produk, termasuk pelayanan kepada pelanggan. Sementara pengertian Six sigma secara umum adalah : sebuah sistem yang komprehensif dan fleksibel untuk mencapai, mempertahankan dan memaksimalkan sukses bisnis. Six sigma secara unik dikendalika oleh pemahaman yang kuat terhadap kebutuhan pelanggan, pemakaian yang disiplin terhadap fakta, data dan analisis statistik dan perhatian yang cermat untuk mengelola, memperbaiki dan menanamkan kembali proses bisnis.

Beberapa manfaat telah banyak diraih oelh perusahaan-perusahaan yang mencoba untuk menerapkan proses six xigma, diantaranya adalah : penurunan biaya, peningkatan produktivitas, pertumbuhan pangsa pasar, retensi pelanggan, pengurangan waktu siklus, pengurangan defect dll.

Pelatihan ini diarhakan kedalam pemahaman Sis sigma baik secara philoshopi maupun secara praktisi, sehingga akan membantu dalam pengandalian proses yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan keunggulan bersaing perusahaan.

MATERIAL CONTENTS

  1. Prinsip Six sigma
    Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan kesiapan organisasi dalam proses penerapan proyek six sigma, biaya organisasi yang harus terbentuk, philosophi six sigma, elemen organisasi yang digerakan pelanggan, six sigma vs three sigma, model kano dari pengharapan pelanggan, tujuan dan tolok ukur kinerja organisasi Six sigma.
  2. Prinsip Pengukuran, sampling dan Interval kepercayaan
    Pada bagian ini akan disapamikan hal-hal yang berhubungan dengan : skala pengukuran, keterandalan dan validitas data, distribusi probabilitas, sampling, penerapan sampling pada six sigma, jenis-jenis sampling, formula untuk menentukan besarnya sampel, penentuan sampel untuk sampling acak berjenjang, menentukan ukuran sampel untuk pengujian hipotesis, konsep interval kepercayaan, penerapan interval kepercayaan pada program Six sigma, interval kepercayaan untuk mean dan proporsi.
  3. Program Minitab
    Pada bagian ini akan dismapasikan hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan program minitab 14 untuk proses statistic six sigma. Materi yang akan disampikan adalah : Menjalankan minitab, bagian-bagian minitab, menu-menu dalam minitab, alat-alat statistik dalam minitab, operasi minitab sederhana, memasukan data, memberi nama kolom, memasukan data dalam window data, menyimpan woorksheet, membuat woorksheet baru, memasukan data menggunakan autofill, memasukan data melalui window session, mengubah data yang salah, menentukan tipe data, memanipulasi data, menyalin data dll.
  4. Pengujian Hipotesis
    Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : konsep pengujian hipotesis, penerapan pengujian hipotesis pada six sigma, jenis-jenis pengujian hipotesis, pengujian hipotesis satu sisi dan pengujian hipotesis dua sisi., Interprestasi hasil, pengujian hipotesis mean, Z-test, Z test dua sampel, paried Z-test, t-Test, t-Test Dua sampel, Pengujian hipotesis proporsi
  5. Statistical Proces Control
    Pada bagian ini akan secara langsung menggunakan program minitab untuk penggunaan SPC. Materi yang disampaikan adalah : pengant SPC, variabilitas proses, analisis kemampuan proses, membuat peta kendali atribut dan interprestasinya ( p dan np), membuat peta kendali variabel dan interprestasinya ( X, R, c, u ), Peta kendali moving average, Peta kendlai multi variat.
  6. Analisis Korelasi
    Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : konsep analisis korelasi, penerapan analisis korelasi pada six sigma, scatter diagram, matrik korelasi, signifikansi analisis korelasi, analisis korelasi dengan menggunkaan program minitab 14.
  7. Analisis Regresi
    Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : konsep analisis regresi, penerapan analisis regresi pada program six sigma, regresi linier sederhana, interprestasi hasil analisis regresi, interval kepercayaan dan prediksi, analisis regresi dengan minitab 14.
  8. Rancangan Eksperimen
    Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : konsep rancangan eksperimen, penerepan rancangan ekperimen pada six sigma, eksperimen faktorial, terminologi rancangan, dasar-dasar rancangan, rancangan faktorial penuh, grafik fareto standar pengaruh, Cara melakukan DOE.
  9. Analisis ANOVA
    Pada bagian ini akan dismapikan hal-hal yang berhubungan dengan : konsep anova, anova dalam six sigma, one way anova, two way anova, cara membaca tabel anova, analisis mean, plot pengaruh utama, plot interaksi, plot interval. ANOVA dengan minitab 14

INFORMASI PENDAFTARAN
ISIKAN FORM BERIKUT :

Pre-Registration (Pendaftaran Tidak Mengikat)
  1. (required / wajib diisi)
  2. (required / wajib diisi)
  3. Jenis Kelamin
  4. (valid email required / email yang valid dibutuhkan)
  5. (valid email required / email yang valid dibutuhkan)
  6. (required / wajib diisi)
  7. (required / wajib diisi)
  8. (required / wajib diisi)
  9. (required / wajib diisi)
 

atau

Ketik SMS dengan format :
DAFTAR<spasi>
JUDULTRAINING#TGLTRAINING#NAMA#PERUSAHAAN#JMLHPESERTA#EMAIL#TELP.KANTOR
-kirim ke 085286451074

Contoh :
DAFTAR TRAINING FINON#2Mei2011#ARIEF#Company#3#nama@email.com#02174709591

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share