Bank Garansi Surety Bond Standbay L/C – YOGYAKARTA

[S307]

TIME

  • Selasa – Kamis, 26 – 28 Juli 2016
  • Senin – Selasa, 15 – 17 Agustus 2016
  • Selasa – Kamis, 30 Agustus – 1 September 2016
  • Selasa – Kamis, 20 – 22 September 2016
  • Selasa – Kamis, 18 – 20 Oktober 2016
  • Selasa – Kamis, 15 – 17 November 2016
  • Selasa – Kamis, 20 – 22 Desember 2016

VENUE

Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Jakarta, Bandung, Bali, Batam, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak

INVESTMENT

  • Investasi pelatihan selama 3 (tiga) hari ini adalah senilai Rp 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) untuk setiap peserta (khusus untuk wilayah Yogyakarta, dengan minimal peserta 2 orang).
  • Apabila perusahaan mengutus lebih dari 3 peserta, maka setiap peserta cukup membayar Rp. 5.500.000,- (Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
  • Untuk pelaksanaan di kota lain, harga menyesuaikan dengan jumlah peserta
  • Including : Trainer yang berkualitas, Module / Handout, Sertifikat, Training Kit (tas, block note, alat tulis, flask disk), Souvenir, 1 X Dinner, Pick up dari bandara jika mengirimkan minimal 2 peserta.

INSTRUCTORS

Alex Murtin, SE, M Si, Akt/Imam Bintoro, SE MSFIN/Drs. Achmad Tjahjono, MM, Akt/Ichsan Setiyo B, SE, M Sc, Akt dan Team

(Pakar dalam bidang akuntansi dan keuangan, perbankan, akademisi dan sekaligus praktisi, yang telah berpengalaman dalam memberikan training & consulting pada organisasi/perusahaan milik pemerintah maupun swasta).

DESCRIPTION

Penggunaan Bank Garansi dan Standby L/C dalam transaksi bisnis saat ini sudah demikian luas baik menyangkut transaksi luar negeri maupun transaksi dalam negeri. Namun sayangnya pemahaman masyarakat akan Bank Garansi maupun Standby L/C masih sangat minim khususnya resiko-resiko yang ada dalam Bank Garansi  dan Standby L/C sehingga sering terjadi hambatan dalam penerbitan Bank Garansi maupun Standby L/C serta banyaknya penyalah gunaan Bank Garansi dan Standby L/C (termasuk pemalsuan) yang beredar di masyarakat.  Dengan Bank Garansi/Standby L/C sesungguhnya dapat memberikan kepastian dari masing-masing pihak sepanjang ditunjang dengan pemahaman yang cukup akan Bank Garansi tersebut.

Sesuai dengan Keputusan Presiden (KEPPRES) No.80 tahun 2003 bahwa untuk pengadaan barang maupun jasa yang dananya bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) diwajibkan adanya jaminan (bank garansi). Dengan demikian, bagi kontraktor yang sering mengikuti proyek-proyek APBN/APBD mau tidak mau harus selalu berhubungan dengan instrumen Bank Garansi atau instrumen penjaminan lainnya. Hal ini juga berlaku bagi pejabat-pejabat pembuat komitmen yang ditunjuk untuk menangani proyek-proyek yang bersumber dari APBN/APBD dimaksud.

Oleh karena itu, memahami Bank Garansi atau penjaminan lainnya dari berbagai aspek menjadikan hal yang penting dan mutlak bagi semua pihak, tidak saja bagi mereka yang berhubungan dengan proyek-proyek yang bersumber pada APBN/APBD tetapi juga bagi mereka yang berbisnis dengan koleganya di Luar Negeri.

Bank Garansi sangat luas penggunaannya, tidak hanya sebagai suatu instrumen penjaminan tetapi dalam kondisi-kondisi tertentu juga dapat menggantikan kedudukan Letter of Credit (L/C) maupun Surata Kredit Berjangka Dalam Negeri (SKBDN) sehingga dapat memberikan kepastian bagi semua pihak.

Demikian pula ketika seseorang akan melakukan suatu transaksi yang melampaui batas suatu negara maupun batas suatu wilayah sering dihadapkan pada mekanisme dan bentuk penjaminan. Dengan mengetahui dan memahami transaksi Counter Guarantee hal-hal yang demikian akan menjadi lebih mudah karena dengan mekanisme Counter Guarantee tidak ada pembatasan wilayah maupun negara sehingga akan memperlancar dalam berbisnis dengan partner-nya di wilayah lain. Hal ini tidaklah mengherankan karena referensi maupun tulisan-tulisan yang membahas tentang bank garansi sangat minim (bahkan dapat dikatakana tidak ada) di Indonesia.

Akibat kurangnya pemahaman masyarakat (termasuk petugas Bank) berakibat terjadinya kasus-kasus seperti : Pemalsuan Bank Garansi, Kegagalan Penerbitan Bank Garansi karena pemahaman yang kurang atas berbagai masalah seperti: Cover Penerbitan Bank Garansi;  Format Bank Garansi, Klaim, Counter Guarantee dan masih banyak kasus-kasus lainnya. Oleh karena itu, kami sebagai lembaga yang peduli dalam ikut serta mencerdaskan masyarakat bermaksud menyelenggarakan seminar/workshop tentang Bank Garansi dengan pembicaran yang sudah berpengalaman di bidangnya sebagai praktisi perbankan dan telah menjadi pembicara dibeberapa perusahaan besar di Indonesia.

Sejalan dengan makin maraknya penggunaan instrument Bank Garansi dalam tindak pidana (pemalsuan dan penipuan) maka diperlukan pemahaman yang cukup bagi penegak hukum untuk mengetahui lebih dalam transaksi Bank Garansi.
Transaksi Bank Garansi bagi perbankan merupakan fee based income yang cukup menggiurkan karena penggunaan Bank Garansi yang sudah semakin luas dalam setiap transaksi bisnis. Dengan memahami kebutuhan nasabahnya (termasuk karakter bisnisnya), akan lebih memudahkan  dan memperlancar bank dalam transaksi dengan nasabahnya sehingga kepuasan nasabah secara otomatis akan meningkatkan pendapatan fee based income.

Para peserta akan memperoleh bahan seminar/workshop berupa hand-out yang disusun secara runut dan dengan penjelasan yang mudah dipahami sehingga dapat digunakan sebagai referensi maupun guidance dalam transaksi Bank Garansi.

Manfaat-manfaat apa saja yang akan diperoleh peserta dengan mengikuti seminar/workshop Bank Garansi ini dapat dilihat dari flight-plan yang akan disampaikan kepada peserta di bawah ini.

SASARAN

Karyawan yang mempunyai jabatan yang berhubungan pada training ini.

TOPIK / MATERI

  1. Transaksi Bank Garansi
  2. Dasar Hukum Bank Garansi Indonesia
  3. Dasar Hukum Surety Bond
  4. Dasar Hukum Satndby L/C di Indonesia
  5. Resiko – Resiko dalam Transaksi Bank Garansi
  6. Jenis – jenis Bank Garansi Surety Bond & Standby L/C
  7. Amendement Bank Garansi Surety Bond & Standby L/C
  8. Klaim Bank Garansi
  9. Transaksi Bank Garansi / Stanby L/C dengan Counter Guarantee
  10. Dasar Hukum Counter Garansi
  11. Resiko & Manfaat Bank Garansi/ Stanby L/C dengan Counter Guarantee
  12. Mekanisme Advising Bank Garansi & Standby L/C
  13. Resiko dan manfaat Bank Garansi yang di Adviskan
  14. Uniform Rules For Demand Guarantee
  15. International Standby Practice (ISP 98)

METODE PELATIHAN

Presentation, Discuss, Case Study, Evaluation, Simulation, Movie

REGISTRATION :

ISIKAN FORM BERIKUT :

atau

Ketik SMS dengan format :
DAFTAR<spasi>
JUDULTRAINING#TGLTRAINING#NAMA#PERUSAHAAN#JMLHPESERTA#EMAIL#TELP.KANTOR
-kirim ke 085286451074

Contoh :
DAFTAR TRAINING FINON#2Mei2011#ARIEF#Company#3#nama@email.com#02174709591

INFORMASI TRAINING 2016 |
INFORMASI SEMINAR 2016 |
JADWAL TRAINING TAHUN 2016 |
INHOUSE TRAINING 2016 |
TRAINING INDONESIA 2016 |
TRAINING CENTER 2016
Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share