Skip to content

Categories:
lazada INA
Informasi Training dan Seminar Tahun 2014 berhadiah langsung
Pelatihan di Yogyakarta
PMBOK
Bisnis Auto Pilot

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN): Tata Cara Penilaian dan Aplikasinya

[S175-1109]

TIME

Kamis, 29 September 2011

VENUE

Skyline Business Centre – Menara Cakrawala Lt. 19 Jl. MH Thamrin – Jakarta

INVESTASI
Rp 2.500.000,- (including workshop materials, coffee breaks and lunch)

INSTRUKTUR

1. Sarjuni Adicahya ( Project Manager TKDN Industry PT Surveyor Indonesia )
2. Achmad Zakkan ( QEQC Manager PT. Surveyor Indonesia)

DESCRIPTION

Untuk memaksimalkan penggunaan produksi dalam negeri, pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam kebijakan. Salah satunya dengan mengintensifkan implementasi peraturan tentang TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Peraturan yang terkait dengan TKDN, diantaranya adalah:
- Peraturan Presiden No. 54/2010 sebagai revisi dari Keputusan Presiden No. 80/2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa
- Instruksi Presiden No. 2 / 2009 tentang Penggunaan Produksi Dalam Negeri
- Pedoman Tata Kerja BPMIGAS No. PTK-007-Revisi I/2009 dan PTK 007-Revisi II/2011 tentang Rantai Suplai Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Migas
- Peraturan Menteri Perindustrian No. 15/2011 dan Peraturan Menteri Perindustrian No. 16/2011 (sebagai revisi dari Peraturan Menteri Perindustrian No. 49/2009 dan perubahannya No. 102/2009 dan Peraturan Menteri Perindustrian No. 11 / 2006) tentang Pedoman Teknis Penggunaan Produksi Dalam Negeri.

Pada setiap pengadaan barang/jasa, peserta lelang diwajibkan untuk menyatakan besaran nilai TKDN-nya secara self assessment. Tetapi jika ternyata dalam realisasinya capaian TKDN-nya lebih kecil dari yang dinyatakan, maka perusahaan akan dikenakan sanksi administrasi dan finansial. Sedangkan dalam evaluasi lelang, Panitia Lelang akan menggunakan nilai TKDN terkecil diantara TKDN Penawaran dan TKDN Hasil Verifikasi. Sementara itu, apabila dalam suatu pengadaan barang/jasa terdapat peserta lelang yang memiliki nilai TKDN dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) lebih besar dari 40% maka lelang hanya boleh diikuti oleh produk yang dibuat di dalam negeri.

Berkenaan dengan peraturan-peraturan tersebut dan implementasinya maka merupakan suatu keuntungan tersendiri apabila perusahaan Bapak/Ibu bisa memahami secara lebih detail peraturan-peraturan yang terkait dengan kebijakan TKDN. Untuk itu, bersama ini kami menawarkan sebuah training dengan topik “Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN): Tata Cara Penilaian dan Aplikasinya”. Training ini adalah one day training dimana para peserta akan dibimbing untuk bisa memahami konsep dasar penilaian TKDN sehingga peserta dapat melakukan perhitungan sendiri (self assessment) TKDN sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mampu mempersiapkan dokumen pendukung yang relevan jika pada saat lelang/kontrak TKDN-nya diverifikasi oleh instansi terkait. Peserta juga akan dibekali pengetahuan tentang aplikasi penilaian TKDN dalam proses lelang maupun dalam realisasi kontrak serta perbedaan-perbedaan peraturan TKDN yang berlaku di Indonesia.

Sasaran Peserta
Sasaran peserta berasal dari Perusahaan Jasa (Services) dalam Industry Oil dan Gas, dan perusahaan yang banyak berhubungan dengan industry Oil & Gas. Mulai dari Direktur, Keuangan, bagian Pengadaan dan Marketing.

NARASUMBER
1. Sarjuni Adicahya ( Project Manager TKDN Industry PT Surveyor Indonesia )
2. Achmad Zakkan ( QEQC Manager PT. Surveyor Indonesia)

MATERI WORKSHOP
1. Memahami kebijakan/peraturan TKDN di Indonesia
2. Memahami konsep dasar perhitungan TKDN sesuai dengan peraturan yang berlaku.
3. Mempraktekkan penghitungan TKDN dengan mengisikan biaya ke dalam form TKDN.
4. Melatih pengisian Formulir TKDN Penawaran dalam lelang, yaitu Form SC-12A (untuk Lelang Barang), Form SC-12B (untuk Lelang Jasa) dan Form SC-12C (untuk Lelang Gabungan Barang dan Jasa).
5. Menghitung Harga Evaluasi Akhir suatu lelang berdasarkan nilai TKDN yang ditawarkan.
6. Menghitung sanksi finansial suatu kontrak yang disebabkan oleh nilai TKDN yang tidak terpenuhi
7. Memahami perbedaan peraturan TKDN dalam Pedoman Tata Kerja Pengelolaan Rantai Suplai Kontraktor Kontrak Kerja Sama BP Migas No. PTK 007 Revisi I tahun 2009 dan No. PTK 007-Revisi II tahun 2011 serta Peraturan Menteri Perindustrian No. 15 dan 16/2011

METODE TRAINING
Training dilaksanakan selama satu hari penuh dengan menggunakan metode interaktif-komunikatif. Materi training didesain sangat menarik dan terstruktur, sehingga peserta lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan. Dipandu oleh praktisi dan konseptor TKDN yang sudah sangat berpengalaman dalam melakukan verifikasi, training dan konsultansi TKDN, menjamin peserta training mendapatkan informasi yang akurat dan kredibel. Pada akhir training akan disampaikan beberapa case study yang sering dihadapi di perusahaan, sehingga akan memudahkan peserta untuk secara cepat mengaplikasikan perhitungan TKDN di dalam pekerjaan sehari-hari.

REGISTRATION :

Ketik SMS dengan format :

DAFTAR<spasi>
JUDULTRAINING#TGLTRAINING#NAMA#PERUSAHAAN#JMLHPESERTA#EMAIL

-kirim ke 085286451074

Contoh :

DAFTAR TRAINING ISO#2Mei2011#ARIEF#Company#3#nama@email.com

atau ISIKAN FORM BERIKUT :

Pre-Registration (Pendaftaran Tidak Mengikat)
  1. (required / wajib diisi)
  2. (required / wajib diisi)
  3. Jenis Kelamin
  4. (valid email required / email yang valid dibutuhkan)
  5. (valid email required / email yang valid dibutuhkan)
  6. (required / wajib diisi)
  7. (required / wajib diisi)
  8. (required / wajib diisi)
  9. (required / wajib diisi)
 

cforms contact form by delicious:days

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Ask
  • Facebook
  • LinkedIn
  • MySpace
  • Print
  • Technorati
  • Twitter
  • YahooBuzz

Posted in Industry, Productivity.

Tagged with , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

lazada INA