[RUNNING] The Introduction Of Islamic Economic System – BANDUNG

[S148-1107]

WAKTU

Silahkan Pilih waktu yang anda inginkan dan tulis di form pre registration :

21-23 September 2011. Jam 08.00-16.00

TEMPAT

Vue Palace Hotel Bandung

INVESTASI

5.000.000,-/peserta. Pengiriman 3 peserta dari perusahaan yang sama 4.500.000,-/peserta Non Residensial

INSTRUKTUR

Sugeng Widodo dan TIM ( AKADEMISI dan PRAKTISI Ekonomi Islam )
Kecintaannya pada ekonomi islam mengantarkan belau jadi dosen di beberapa kampus islam dengan meninggalkan pekerjaannya yang sudah cukup mapan yaitu sebagai manajer Keuangan di bank Mandiri. Sampai saat ini beliau masih aktif sebagai penyebar ekonomi islam dengan menulis berbagai artikel yang di muat di berbagai jurnal ekonomi islam.

DESKRIPSI

A. ABSTRAK
Ketika krisis keuangan global melanda dunia, para pengusung ekonomi kapitalis mulai terbuka untuk mencari alternatif solusi dari permasalahan ekonomi yang tidak pernah berakhir. Bahkan, vatican dalam salah satu headline-nya di surat kabar menyerukan kepada seluruh pelaku keuangan dunia untuk melihat penerapan ekonomi dan keuangan Islam sebagai solusi dari masalah ekonomi dan keuangan saat ini. Terpilihnya sistem ekonomi islam sebagai sistem ekonomi alternatif untuk meminimalkan krisis yang terjadi didunia tentunya sudah melalui beberapa tahap pengujian mulai dari teori hingga prkateknya.
Perwujudan Ekonomi Islam salah satunya adalah menjamurnya institusi/perusahaan profit oriented yang memakai sistem islam, seperti contoh perbankan syari’ah. Di mulai dari didirikannya Mit ghamr bank th 1963 oleh Dr. Ahmad Najr yang merupakan cikal bakal bank syariah modern, dilanjutkan oleh pendirian IDB, Dubai Islamic Bank, Tabung Haji (malaysia), Bank Muamalat Indonesia hingga saat ini bank syariah didirikan pula di banyak negara2 non muslim seperti Inggris, Hong kong, Singapore, Thailand, China, Jepang, dll.
Ilmu pengetahuan ekonomi dan perbankan syariah saat ini merupakan ilmu yang langka dan mahal karena yang menguasai ilmu ini masih langka sementara permintaan pasar terhadap para ahli dan SDM bank syariah in general terbilang sangat besar. Di Indonesia saja tidak kurang dibutuhkan 60.000 tenaga kerja berlatar belakang syariah untuk mengisi posisi SDM di bank2 syariah yang semakin banyak jumlahnya. Sementara kemampuan univ hanya dapat mencetak 1000 lulusan syariah per tahun
Pelatihan ini berisi dasar-dasar, metode, filosofis dan pengembangan teori Ekonomi Islam dalam kerangka mikro dan makro serta implementasinya pada tataran praktis.
Pelatihan ini dilakukan dengan metode yang terintegrasi antara aspek teoritis dan praktis. Metode dilakukan dengan active learning sehingga kelas menjadi dinamis, aktif, dan partisipatif. Metode ini dilakukan antara lain dengan model pairs and share, game, case study, role play dan model active learning lainnya.
B. KOMPETENSI
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta memiliki kemampuan:
– Memahami secara komprehensif nilai-nilai dasar, filosofis, metode, ruang lingkup dan sejarah pembentukan teori ekonomi Islam
– Membandingkan dan menganalisis secara teoritis ekonomi Islam dengan Konvensional
– Menganalisis konsep harta dan kepemilikan dalam ekonomi Islam
– Memahami Konsep Maslahat dan implementasinya pada prilaku konsumsi Islam
– Memahami konsep pelarangan riba, mengenali dasar-dasar berbagai transaksi secara syariah, menghitung bagi hasil & margin.
– Memahami penerapan transaksi syariah pada berbagai lembaga-lembaga keuangan syariah
– Memahami konsep & pengembangan keuangan public dalam ekonomi Islam
– Memahami konsep & pengembangan sistem moneter dalam ekonomi Islam

C. MATERI
1. Basic philosophy of Islamic Economics
2. Concept of Wealth & Ownership in Islam
3. Concept of Consumer Behavior & Maslahah in Islam
4. Concept of Islamic Banking and Other Financial Institution
5. Concept of Riba and Syariah Transactions
6. Concept of Profit Distribution and Margin
7. Islamic Public Finance
8. Islamic Monetary System
D. SASARAN/PESERTA:
Praktisi ekonomi islam, Shariah staff, syariah clompliace, manajer , supervisor di instansi yang memakai sistem ekonomi Islam. Akademisi (dosen, mahasiswa program sarjana dan pascasarjana), Para calon DPS maupun Hakim, praktisi LKS maupun praktisi bisnis dan masyarakat umum yang ingin mendalami teori ekonomi Islam dan aplikasinya dalam pengembangan ekonomi Islam.

INFORMASI PENDAFTARAN
Ketik SMS dengan format :

DAFTAR<spasi>
JUDULTRAINING#TGLTRAINING#NAMA#PERUSAHAAN#JMLHPESERTA#EMAIL

-kirim ke 085286451074

Contoh :
DAFTAR Ahli K3 Umum#2Mei2011#ARIEF#Company#3#nama@email.com


atau
ISIKAN FORM BERIKUT :

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share