TEKNIK INVESTIGASI – Yogyakarta

[S259]

Batch 11 : 14 – 16 November 2017
Batch 12 : 12 – 14 Desember 2017

TEMPAT

Hotel di Yogyakarta
Yogyakarta: Ibis Styles Hotel Yogyakarta ; Cavinton Hotel Yogyakarta ; Neo Malioboro Hotel Yogyakarta
Surabaya: Hotel Santika Pandegiling Surabaya / Jakarta: Ibis Jakarta Arcadia Hotel / Ibis Jakarta Tamarin Hotel
Bandung: Golden Flower Hotel Bandung ; De Batara Hotel Bandung / Bali: Ibis Bali Kuta Hotel ; Harris Kuta Raya Hotel Bali

In House Training : Depend on request

INVESTASI

Publish Rate: Rp 5.800.000,- /participant (non residensial)*
Special Rate: Rp 5.000.000,- (min 4 participants from the same company)

Bandung / Jakarta / Surabaya:
Publish Rate: Rp 6.500.000,- /participant (non residensial)*

Bali:
Publish Rate: Rp 7.500.000,- /participant (non residensial)*

Including :
o Meeting Room @ Hotel
o Coffe Break & Lunch
o Module (hard & soft copy/flashdish)
o Training Kit
o Souvenir
o Sertifikat
o Airport pick up services
o Transportation during training

FASILITATOR

Drs. Z. Bambang Darmadi, MM. dan Team

Nara sumber adalah seorang praktisi di bidang komunikasi, wartawan, penulis buku, editor buku, dosen, pelaku bisnis, dan juga sering menjadi pembicara dalam berbagai pelatihan/seminar/workshop bagi perusahaan/instansi dalam bidang Komunikasi, SDM, Manajemen, dll.

DESKRIPSI

TEKNIK INVESTIGASI — Teknik Efektif dalam Melakukan Investigasi — Yogyakarta

Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia untuk saling berinteraksi dan transfer informasi antara manusia yang satu dengan yang lain. Seiring dengan perkembangan jaman dan peradaban, komunikasi semakin berkembang dan menjadi dasar dalam pengembangan jenis ilmu komunikasi lainnya. Terkait dengan keterampilan komunikasi, utamanya yang berkaitan dengan pengungkapan suatu fakta atau pemecahan terhadap suatu peristiwa, teknik investigasi menjadi unsur yang krusial, karena melalui kegiatan investigasi ini segala kejadian dan peristiwa serta fakta di lapangan dapat terungkap. Untuk melakukan investigasi yang tepat memerlukan teknik komunikasi yang baik, dan teknik investigasi yang sesuai.
Investigasi secara pemahaman sederhana adalah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan, keberanian, keuletan dan keyakinan dalam menggali informasi yang khusus. Demi upaya menggali informasi yang selengkap-lengkapnya, tak jarang observasi langsung dilakukan guna mengadakan penyelidikan fakta dan sumber-sumber yang diperkirakan dapat memperkaya informasi. Dalam pengertian jurnalistik, investigasi itu sendiri adalah praktik jurnalisme yang menggunakan metode investigasi dalam mencari informasi. Investigasi mengandung informasi yang tidak akan terungkap tanpa usaha yang baik dan biasanya berkaitan dengan kepentingan publik.
Bagi insan pers, petugas pajak (Direktorat Intelijen dan Penyidikan), dan petugas penyelidik, kegiatan investigasi bukanlah hal baru, karena dalam upaya menguak setiap kasus secara professional, dibutuhkan pemahaman dan penerapan teknik investigasi yang baik. Dengan mengetahui teknik investigasi yang benar sangatlah memudahkan dalam mencari atau menemukan alat bukti hukumnya.
Dalam perkembangannya pun, sebuah investigasi tidak hanya sebatas dalam ruang lingkup jurnalistik dan penegak hukum saja, tetapi dalam sebuah perusahaan, investigasi juga sering dilakukan. Biasanya sebuah investigasi dilakukan dipicu oleh beberapa hal, seperti: untuk mengungkap kecurangan, mengungkap sebuah peristiwa kecelakaan yang terjadi pada pekerja atau pabrik, dll. Untuk itu, bagi beberapa pihak dalam perusahaan yang berhak melakukan investigasi ini, diperlukan pengetahuan dan pemahaman khusus tentang teknik investigasi yang baik, yang dapat sesuai diterapkan di perusahaan sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan.
Dalam sebuah investigasi yang terpenting adalah menggunakan komunikasi yang baik. Tanpa adanya komunikasi yang baik, jangan harapkan akan mendapat informasi atau jawaban yang baik juga. Melalui pelatihan ini, pembahasan dalam materi pelatihan akan lebih fakus dalam praktek dan penyajian secara utuh. Peserta akan diberikan pengetahuan mengenai taktik dan teknik investigasi yang benar, langkah-langkah yang perlu diketahui sebelum menerapkan taktik dan teknik investigasi yang tepat, karena sebagai warga negara Indonesia yang baik, memiliki tanggung jawab dan berkewajiban untuk ikut serta membantu menyampaikan atau mengungkapkan setiap kasus yang ia ketahui. Bantuan yang diberikan bisa dilakukan dengan cara tertulis maupun lisan kepada lembaga yang berwenang menanganinya. Sehingga sekecil apapun permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat ataupun di sebuah perusahaan, dapat segera diperoleh titik terangnya.

TUJUAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu memperoleh kajian ilmu dasar teknik-teknik dan penerapan investigasi yang baik dan mampu memperoleh data secara akurat dengan cara menganalisis setiap peristiwa yang terjadi di lingkungan kerja dan masyarakat secara factual, sehingga sebuah kasus atau masalah akan ditemukan titik terangnya.

MATERI
1. Pengantar tentang ketrampilan komunikasi dan investigasi
2. Mengumpulkan dan mengidentifikasi fakta
3. Wawancara sebagai komunikasi awal investigasi: mendesain dan melakukan wawancara
4. Langkah awal sebelum menerapkan teknik investigasi, yaitu ditemukannya jawaban atas 6 pertanyaan berdasarkan fakta kejadian, yaitu :
– Apa yang terjadi = What
– Dimana kasus itu terjadi = Where
– Siapa pelaku, saksi, dan korban = Who
– Kapan kasus itu terjadi = When
– Mengapa kasus itu terjadi = Why

5. Bagaimana kasus itu dapat terjadi dan akibat yang ditimbulkan = How
6. Bentuki Investigasi:
– Investigatif orisinal (original investigative)
– Investigatif interpretatif (interpretative investigative)

7. Teknik Investigasi yang tepat:
– Confidence: yakin dengan kemampuan sendiri dalam upaya hendak mengungkap suatu kasus yang sedang diinvestigasi
– Community: membangun kekerabatan/komunitas, untuk memudahkan pertukaran informasi dan pengumpulan fakta saat investigasi, termasuk juga memperkecil biaya operasional yang dikeluarkan.
– Menghindari resiko & teknik memperkecil resiko saat investigasi
– Mewaspadai informasi “menyesatkan”
– Optimis & Berpikir Positif
– Tidak emosional atau terburu nafsu
– Menghindari sikap pamer, sombong, & mendominasi.
– Konsisten: berpendirian teguh & tidak berubah-ubah.
– Mengindari sikap mengadu domba
– Pandai mengelola strategi investigasi
– Mencermati & rekam jejak pelaku: setiap ucapan dan perbuatan selalu meninggalkan rekam jejak yang dapat mengungkap suatu fakta
– Penggunaan alat bantu investigasi sesuai kebutuhan
– Penggunaan insting/naluri yang tepat

8. Pelaporan terhadap investigasi (reporting on investigation)
9. Praktik & Evaluasi

PESERTA
Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:

1. Head of Departement / Manager
2. Supervisor
3. Karyawan di bagian Kehumasan, Protokoler, Public Relation, Bagian Aspek legal, dan Bagian SDM

INFORMASI PENDAFTARAN
DIISIKAN FORM BERIKUT :

atau

Ketik SMS dengan format :
DAFTAR<spasi>
JUDULTRAINING#TGLTRAINING#NAMA#PERUSAHAAN#
JMLHPESERTA#EMAIL#TELP.KANTOR
-kirim ke 085286451074

Contoh :
DAFTAR TRAINING FINON#2Mei2011#ARIEF#Company#3#
nama@email.com#02177788822

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share