PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC) – YOGYAKARTA

[S134-011-1103]

WAKTU

15-17 Maret 2011

TEMPAT

Hotel Puri Artha, Yogyakarta

INVESTASI

Rp 4.000.000,-

INSTRUKTUR

Miftahul Huda, ST., MT

DESKRIPSI

Bidang kontrol/ instrumentasi dalam dunia industri mempunyai peranan yang sangat significant, apalagi dalam proses yang membutuhkan presisi, kehandalan dan keamanan sistem. Instrumentasi industri telah menjadi bidang yang memberikan manfaat yang sangat besar terutama dalam kegiatan otomatisasi industri.
Sistem Instrumentasi merupakan sebuah sistem yang meliputi pengaturan variable-variabel seperti temperature (temperature), tekanan (pressure), aliran (flow) dan kecepatan (speed). Variable-variable ini merupakan keluaran yang harus dijaga tetap sesuai dengan keinginan yang telah ditetapkan terlebih dahulu oleh operator yang disebut set point.
Seiring dengan perkembangan teknologi khususnya dibidang teknologi digital dan computer, sistem instrumentasi yang dikembakan menggunakan dukungan teknologi tersebut. Berbagai perangkat didesain untuk semakin memberikan kemudahan dan kahandalan didalam automasi industri. Salah satu perangkat yang banyak digunakan dalam automasi industri adalah Programmable Logic Controller (PLC) PLC adalah sebuah modul perangkat digital yang khusus digunakan mengontrol plant secara otomatis dan dapat deprogram sesuai dengan sistem/ plant yang akan dikendalikan. Programmable Logic Controller (PLC) dirancang untuk tahan terhadap debu, suhu, dan getaran sehingga diaplikasikan secara luas dalam dunia industri. Selain itu, PLC memiliki banyak modul masukan dan keluaran yang mendukung pengendalian proses industri yang kompleks.Dengan menggunkan PLC, system pengontrolen proses industri menjadi lebih terintegresi dalam modul-modul yang lengkap dan lebih mudah serta dapat dikoneksikan dengan berbagai perangkat lain seperti server dan jaringan komputer guna pengembangan automasi yang lebih handal.
Tujuan pengendalian adalah mendapatkan hasil kerja sistem seperti yang diharapkan, dengan meminimalkan atau bahkan menghilangkan error. Ada beberapa metode yang sering digunakan dalam proses pengendalian, seperti on-off, Proporsional-Integral-Derivatif (PID), Logika Fuzi, atau Algoritma Genetika. Sistem kendali PID cukup mudah diterapkan dan banyak digunakan di industri. Dengan mengaplikasikan sistem kendali PID dalam pemrograman PLC, dapat dibuat sistem kendali automasi industri yang handal dan memberikan hasil kerja yang diinginkan.

MATERI
1. Pengantar instrumentasi industri dan dasar sistem kontrol
2. Plant sistem dan variable proses ( pengukuran flow, pengukuran level, dll)
3. Sistem kendali PID an algoritma PID
4. Konversi analog ke digital dan Konversi digital ke analog
5. Sistem Kendali secara digital
6. Liquid Sizing Control Valve
7. Pengenalan PLC dan Diagram Ladder
8. Perangkat Keras PLC dan Pendukungnya
9. Koneksi Peralatan dengan Modul Input/Output Diskret pada PLC
10. Komponen Latch, Timer, Counter, dan Fungsi-Fungsi Penting pada PLC
11. Konsep Logika dan Perancangan Program PLC Dasar
12. Perancangan Diagram Ladder Menggunakan Pendekatan Diagram Alir dan Diagram Keadaan
13. Aplikasi PLC pada industri dan perancangan sistem dengan PLC
14. Studi Kasus

INFORMASI PENDAFTARAN
– Silahkan isi form dibawah ini jika anda ingin mendaftar :

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share