How to Establish Internal Audit SOP Syllabus

[S038-449-1007]

WAKTU
August 25th – 27th, 2010

TEMPAT
Aryaduta Hotel / Grand Flora Hotel

INVESTASI

* Rp. 3.450.000, – (Registration 3 person/more; payment before August 18th, 2010)
* Rp. 3.750.000, – (Reg before August 11th, 2010; payment before August 18th, 2010)
* Rp. 3.950.000, – (Full Fare)

INSTRUKTUR

Bambang Pramono

Telah lebih dari 20 tahun berkarir dalam area internal audit, akuntansi dan IT. Sampai ke posisi AVP, Internal Audit di suatu perusahaan nasional. Ia telah berkarir dalam perusahaan manufacturing, oil and gas dan memiliki pengalaman bekerja di beberapa Negara di luar Indonesia, seperti Australia, Amerika, Perancis dan Filipina.

Lulusan SI dan MBA dalam bidang Akuntansi ini juga aktif di IIA (Institute of Internal Auditors) yang menyebabkan ia diantaranya secara intensive terlibat di dalam pembuatan Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Intern Bank. Ia juga trainer dalam bidang Internal Audit untuk berbagai Perusahaan dan pembicara dalam berbagai seminar.

Workshop akan dilaksanakan di Hotel Grand Flora Kemang / Twin Plaza / Kartika Chandra / hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter.

DESKRIPSI

Setiap organisasi mempunyai tujuan yang hendak dicapai. Untuk mencapainya, organisasi membutuhkan berbagai macam operating system yang berisi berbagai internal control system. Begitu pula dengan Departemen Internal Audit, sebagai suatu unit yang independen, dalam menjalankan fungsi dan tanggungjawabnya, menghadapi bermacam-macam risiko hambatan tergantung dari proses audit serta obyek audit yang dihadapainya.

Agar risiko–risiko hambatan tersebut dapat diatasi dengan kontrol-kontrol yang sesuai dan memadai didalam pelaksanaan audit operasional, finansial, sistem informatika, spesial proyek/fraud dan lain-lainnya, maka perlu disusun suatu kerangka risiko (risk framework) untuk memudahkan dalam meng-identifikasi semua jenis risiko yang ada. Untuk itulah diperlukan suatu Standar Operating Procedures (SOP) yang comprehensive dan integrated.

Sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan masa kini, SOP disusun berdasarkan “Risk Based Approach” yaitu Enterprise Risk Management (ERM) agar dapat digunakan pada berbagai macam unit operasi sebagai auditee atau obyek audit yang telah menerapkan manajemen risiko.

Selain itu SOP penyusunannya disesuaikan dengan The International Standards for Professional Practice of Internal Auditing dari The Institute of Internal Auditors, Orlando, USA, sehingga isinya dapat memenuhi Standard Practice proses audit serta Code of Ethics bagi auditor pelaksana secara professional.

Objective

* Memperoleh pengertian bagaimana cara menyusun Standard Operating Procedures (SOP) dengan tahapan proses audit sesuai dengan The International Standards Professional Practice of Internal Auditing dari The Institute of Internal Auditors.
* Mengerti status, posisi dan keberadaan Departemen Internal Audit didalam struktur organisasi atau perusahaan.
* Menyusun Internal Audit Charter sebagai pernyataan fungsi dan tanggung-jawabnya didalam melakukan audit dilingkungan organisasi atau perusahaan.
* Melakukan sosialisasi fungsi keberadaan dan tanggung jawab Internal Audit dan memberikan informasi proses pelaksaan audit kepada semua unit operasi.
* Bagaimana menempatkan Departemen Internal Audit sebagai suatu fungsi yang independen dan strategis yang dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi atau perusahaan dengan memfokuskan pada 4 tujuan utama:
o Memastikan reliabilitas dan integritas atas informasi bisnis.
o Menjaga aset organisasi atau perusahaan
o Mempromosikan operasi yang efektif dan efisien
o Memastikan bahwa semua kebijakan, hukum, SOP telah dipatuhi dan tujuan organisasi atau perusahaan telah tercapai.Menyusun Uraian Kerja (Job Descriptions) bagi semua anggota auditors didalam lingkungan Departemen Internal Audit.
* Melakukan penyesuaian dan memutahirkan SOP Internal audit dari masing-masing organisasi atau perusahaan dengan menggunakan Risk Based Approach, Risk Assessment, Control Self-assessment (CSA) COSO.

Outline

* CORPORATE OPERATING POLICIES
* OVERVIEW OF THE INTERNAL AUDITING DEPARTMENT
* AUDIT PROCEDURES AND TECHNIQUES
o ANNUAL AUDIT PROGRAM
o INDIVIDUAL AUDIT PROJECTS
o IT AUDITING
* STAFF QUALIFICATIONS AND DEVELOPMENT
o POSITION DESCRIPTION
o INTERVIEWING
o ORIENTATION, DEVELOPMENT/TRAINING
o PERFORMANCE APPRAISALS
* AUDIT ADMINISTRATION

Method
Workshop ini akan disajikan dalam bentuk diskusi, pembahasan dan studi kasus disertai dengan contoh-contoh prosedur proses audit. yang terjadi pada statu departemen internal audit pada perusahaan/organisasi yang dikelola secara profesional. Agar lebih komunikatif dan efektif setiap peserta diberikan kebebasan untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya yang berkaitan dengan proses internal audit yang terjadi pada perusahaan/organisasinya masing-masing.
Target Participant
Lead auditors, Senior Auditors, Supervisors, Managers dan Director/Head of Internal Audit.

INFORMASI PENDAFTARAN

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share