Gas Tester Course

[S111-04-1011]

WAKTU
Jakarta, 15 – 17 Desember 2010

TEMPAT
The Arya Duta Suites Hotel

INVESTASI

Pendaftaran per peserta: Rp. 4.500.000,- (Potongan harga Rp. 250.000,- utk perusahaan yang mengirimkan lebih dari 2 orang peserta)
Biaya sudah termasuk : Training Kit, Modul Pelatihan, Sertifikat, 2x Coffee Break + 1 Lunch (selama penyelenggaraan training),

INSTRUKTUR

Professional Trainers

DESKRIPSI

Industri Perminyakan merupakan industri yang memiliki tingkat resiko terjadinya bahaya yang cukup tinggi, terkait dengan jenis bahan yang diolah yaitu bahan Hidrokarbon yang mudah terbakar dan meledak. Oleh sebab itu, sudah menjadi suatu kewajiban agar didalam proses operasi perminyakan khususnya dilingkungan instalasi kilang minyak, gas dan petrokimia diberlakukan persyaratan dan standar keselamatan yang ketat. Salah satu penyebab kecelakaan yang banyak terjadi dilingkungan pengilangan adalah akibat pekerjaan pemeliharaan yang dilaksanakan dilingkungan daerah berbahaya atau menyangkut peralatan proses yang sangat vital.
Untuk mencapai standar keselamatan tersebut, beberapa perusahaan minyak di Indonesia telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan yang dikenal dengan Manajemen Keselamatan Proses (Process Safety Management). Dalam sistem manajemen ini, pengelolaan keselamatan di lingkungan instalasi kilang minyak, gas dan petrokimia dilakukan secara komprehensif dan sistematis dengan menggunakan tenaga-tenaga yang kompeten dan terlatih. Salah satu unsur penting dalam pengelolaan keselamatan di pengilangan adalah pemberlakuan sistim ijin kerja yang mengatur tentang cara, sistim dan penerapan pengamanan pekerjaan berbahaya.
Sistem ijin kerja ini melibatkan petugas yang disebut GSI (Gas Safety Inspector) dan Gas Tester. Mereka merupakan ujung tombak dalam penerapan MKP khususnya yang berkaitan dengan ijin kerja dan pengendalian pekerjaan berbahaya. Untuk itu, semua petugas GSI dan Gas Tester harus memiliki pengetahuan, kemampuan dan pengalaman yang memadai sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memberikan atau mengeluarkan ijin kerja.

TUJUAN PELATIHAN
Pelatihan Gas Tester dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan bagi petugas yang ditunjuk sebagai GSI atau Gas Tester dalam perusahaan sehingga mampu memberikan safety precaution yang tepat dan aman untuk keselamatan operasi, keselamatan petugas dan keselamatan peralatan selain sebagai salah satu upaya didalam mencegah kecelakaan yang fatal.

MATERI PELATIHAN
– Konsep dasar Pencegahan Kecelakaan (Explosion theory and prevention)
– Identifikasi bahaya dan Penilaian resiko
– Fire Prevention Concept ( Flammability and fire concepts)
– Sistem Ijin Kerja (Safety procedures)
– Safe Working Practices
Tank Cleaning, Pengelasan (welding and cutting), Entry to confined spaces),
Bekerja dengan bahan Kimia berbahaya (chemical Hazard)
– Gas Tester ( Introduction to gas detector equipment)
– Gas test practices/Drill dan Studi Kasus

SIAPA YANG PERLU MENGHADIRI
Pelatihan dirancang untuk semua pekerja yang terlibat dalam berbagai pekerjaan berbahaya dilingkungan perminyakan, industri kimia, petrokimia dan gas seperti : supervisor operasi, operator pabrik, safety supervisor/safety man, maintenance supervisor, contractor tangki, tank cleaning supervisor, shipping supervisor, laboratory officer

INFORMASI PENDAFTARAN
– Silahkan isi form dibawah ini jika anda ingin mendaftar :

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share