Document Management and Filing System: Principles and Practice

[S021-277-1008]

WAKTU
Thursday-Friday, 7-8 October 2010

TEMPAT
Estubizi Business Center / Hotel Aryaduta Semanggi

INVESTASI

Rp. 2.300.000,- per participant (Early Bird Price) Lunas 10 Hari Sebelum Training

+ Rp. 2.500.000,- per participant (Full Fare Price)
+ Rp. 2.000.000,- per participant (Group Price Min 3 Participants)

INSTRUKTUR

Rini Agustiani, SH. M.AP
Rini Agustiani, SH. M.AP lahir di solo pada tanggal 18 Agustus 1966. Memperoleh gelar Sarjana Hukum di Universitas Gajah Mada (1989) dan dilanjutkan dengan gelar Master di STIA LAN (2008). Riwayat pekerjaannya dimulai dari CPNS (1992), PNS (1993), Pejabat Fungsional Arsiparis (1993-1997), Kepala Seksi Layanan Jasa Kearsipan (1997-2006), Kepala Seksi Bina Profesi (2006-2007), Plt. Kasub. Direktorat Bina Arsiparis (2007-2008), Kepala Sub Direktorat Bina Arsiparis (2008-April 2009), Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan Dinamis (2009-Kini). Beliau juga aktif mengajar pada beberapa Universitas antara lain mengajar mata kuliah “Aspek Hukum Dalam Kearsipan” pada STIA-LAN jurusan Administrasi Publik, Program Study Manajemen Kearsipan (2004-2007). Mengajar mata kuliah “Hukum dan Pengamanan Informasi” pada Unversitas Gajah Mada Fakultas Ilmu Budaya, Program Study DIII Kearsipan (2005-sekarang). Sistem Kearsipan yang pernah dirancang oleh beliau adalah Sistem Kearsipan di PT. Jasa Marga (Persero), PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), PT. Pelindo II, PT. Pelindo III, PT. H.M. Sampoerna, PT. Bank Mandiri, PT. Bank Sumut, PT. Bank Riau, PT. Pupuk Kaltim, PT. Tugu Reasuransi, PT. Surveyor Indonesia, PT. Delf, PT. Bukit Asam (Persero).

Ma’sum, SE.
Ma’sum, Seorang trainer muda berbakat dengan specialis keilmuan dalam bidang manajemen informasi, kearsipan dan perpustakaan. Beliau telah menangani berbabagai kasus kearsipan dan perpustakaan dibeberapa instansi, yayasan dan BUMN diantaranya Antam (Aneka Tambang), KBI (Kliring Berjangka Indonesia), Multi Utama Konsultindo (konsultan pajak), Tifa Foundation, dan Kasum (Kasus Munir). Saat ini beliau merupakan Founder & Director PT Target Indo Filing. Beliau juga aktif dan tergabung dalam komunitas Arsiparis dan Pustakawan Indonesia dalam mengembangkan dan mensosialisasikan system kearsipan dan perpustakaan di Indonesia.

DESKRIPSI

Acara ini dibagi menjadi dua hari;

1. Hari 1: training, membahas pengertian arsip/dokumen perusahaan, jenis, fungsi dan manfaat arsip/dokumen perusahaan serta kendalanya permasalahannya. Dilanjutkan dengan workshop, berisi praktek pemahaman arsip/dokumen perusahaan dilanjutkan dengan diskusi dan simpulan.

2. Hari 2: training, membahas cara pengelolaan system arsip/dokumen perusahaan yang efektif, cepat dan tepat serta efisien. Dilanjutkan dengan workshop, berisi praktek pengelolaan arsip/dokumen perusahaan dilanjutkan dengan diskusi dan simpulan.

Event ini akan memberikan dampak sangat positif bagi perusahaan baik perusahaan kecil, menengah maupun perusahaan skala besar yang memiliki kuantitas dokumen yang sangat besar pula. Oleh karena itu, penanganan arsip yang efektif dan efisien sungguh akan membantu kelancaran usaha dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, untuk dapat mengelola arsip/dokumen perusahaan dengan benar, efektif, efisien dan akurat diperlukan sumberdaya manusia yang terampil dan benar-benar mengetahui cara pengelolaan arsip yang benar.

PENGANTAR :

Arsip/dokumen perusahaan merupakan asset dari setiap perusahaan. Apabila arsip/dokumen yang dimiliki oleh perusahaan kurang baik pengelolaannya, maka akan mempengaruhi tingkat reputasi dan mobilitas suatu perusahaan/organisasi tersebut. Arsip/dokumen perusahaan mempunyai arti yang sangat penting sebagai alat dasar manajemen, yaitu untuk menyusun rencana program (business plan), mengorganisasi, memimpin, dan mengawasi pelaksanaan kegiatan. Untuk melaksanakan semua fungsi ini diperlukan data dan informasi yang up-to-date, dalam bentuk yang tepat, pada saat yang tepat dan tempat yang tepat, dengan adanya arsip/records akan dapat diketahui bermacam-macam informasi yang sudah dimiliki, sehingga dapat ditentukan sasaran yang akan dicapai.

Saat ini system filing arsip/dokumen di perusahaan pada umumnya belum dikelola dengan benar bahkan tidak dikelola dengan baik padahal dokumen adalah bukti otentik suatu organisasi yang perlu dijaga dan disimpan dengan baik supaya suatu ketika diperlukan bukti otentik tersebut dapat ditemukan dengan cepat dan tepat.

Sudah tentu, dengan mempertimbangkan hal tersebut di atas, perlu dilakukan suatu upaya untuk memberikan pengetahuan tentang pengelolaan arsip/dokumen perusahaan secara baik dan benar dengan menyediakan pelatihan di bidang yang dapat meningkatkan pemahaman, keterampilan dan kepedulian terhadap risiko dokumen Perusahaan. Training di bidang kearsipan merupakan suatu solusi untuk menjawab kebutuhan tersebut, kami dari Target Indo Filing mengajukan Penawaran Workshop Manjemen Dokumen yang akan dikemas dalam bentuk ‘In-Company Training’.

TUJUAN PELATIHAN:

Tujuan training ini adalah memberikan bekal praktis dan sistematis kepada peserta mengenai pemahaman arsip/dokumen, manfaat dokumen dan filing, prinsip pemberkasan arsip/dokumen perusahaan, dan system filing yang efektif, cepat dan tepat serta efisien, sesuai dengan tujuan dan target dari VISI dan MISI perusahaan atau organisasi.

MANFAAT PELATIHAN:

Diharapkan setelah mengikuti training ini peserta mampu:

a. Memahami perbedaan dan jenis arsip/dokumen perusahaan

b. Memahami pentingnya dokumen dan cara penyimpanan-nya

c. Mengetahui pola penyimpanan arsip/dokumen perusahaan yang efektif, cepat dan tepat serta efisiens serta modifikasinya

d. Mampu mempraktekan system-system tersebut sesuai dengan kebutuhan di masing-masing perusahaan dan mengintegrasikannya dalam operasi bisnis.

PELATIHAN SANGAT PENTING BAGI :

• Training ini didesign untuk para arsiparis (petugas arsip), petugas administrasi, pengolah data, sekretaris dan siapapun yang berkecimpung dalam pengelolaan dokumen di organisasi maupun perusahaan.

METODE PELATIHAN :

• Training ini akan menggunkan metode adult learning principles, experimental leaning, fun leaning dan workshop dimana peserta dapat secara langsung melakukan pekerjaan dibawah bimbingan pemakalah (trainer).

GARIS BESAR BAHASAN :

Materi pelatihan dapat dibagi sebagai berikut:

a. Arsip/dokumen perusahaan; principles

Tujuan: Memberikan pengetahuan tentang pengertian, jenis, fungsi dan manfaat arsip/ dokumen perusahaan serta kendalanya permasalahannya

Berisi:

– Pengertian arsip/dokumen perusahaan

– Istilah-istilah kearsipan

– Jenis arsip/dokumen perusahaan

– Nilai guna, fungsi dan manfaat arsip/dokumen bagi perusahaan

– Klasifikasi dan indeks

– Pembahasan elektronik dokumen

– Kendala dan permasalahan yang dihadapai dalam pengelolaan arsip/dokumen perusahaan

– Peraturan terbaru mengenai pengolahan dan penyimpanan dokumen perusahaan

b. Document Management and Filing System; practice

Tujuan: Memberikan pengetahuan cara pengelolaan system arsip/dokumen perusahaan yang efektif, cepat dan tepat serta efisien

Berisi:

– Prosedur Filing

– Langkah-langkah proses filing

– Filing Alfabetis

– Filing Surat Numerik

– Filing surat Geografis dan Filing surat Subyektif

– Metode pengawasan dan pemindahan arsip

– Memilih peralatan & perlengkapan filing

– Pembentukan & Pemeliharaan Sistim filing

– Membuat prosedur filing efisien

– Penemuan Kembali (Database/aplikasi)

– Electronic filing (e-filing)

INFORMASI PENDAFTARAN

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share