DISASTER MANAGEMENT TRAINING AND EMERGENCY PREPAREDNESS

[S111]

WAKTU
Silahkan Pilih waktu yang anda inginkan :

Angkatan II, 18-20 Januari 2012
Angkatan III, 09-11 April 2012
Angkatan IV, 12-14 September 2012

TEMPAT
Hotel Kartika Chandra. Jakarta

INVESTASI

Rp. 4.500.000,-/ belum termasuk pajak
Dapatkan Gratis Buku Praktis Manajemen Bencana bagi 10 Pendaftar pertama.
Perusahaan yang mengirimkan 4 orang peserta mendapat potongan harga sebesar
Rp. 500.000/ peserta.
FASILITAS. Biaya sudah termasuk : Training Kit, Modul pelatihan (Hard Copy dan Soft Copy), 2 kali Coffe Break dan 1 kali Makan siang, Prosafe Institute Membership Card dan Souvenir Menarik.

INSTRUKTUR

Disaster Management Workshop dipandu oleh para ahli dan praktisi lapangan yang memahami konsep Manajemen Bencana baik bencana alam maupun bencana industri yang berasal dari Lokal Instructor dan International Instructor diantaranya :
Bapak Soehatman Ramli, Penulis Buku Panduan Praktis Manajemen Bencana
Berpengalaman di bidang Occupational Health & Safety dan Environment selama lebih dari 35 tahun. Pernah menjabat sebagai EHS Manager, Marketing and Trading Pertamina. Saat ini aktif dalam memberikan training dan konsultasi dalam bidang Occupational Health & Safety dan Environment di berbagai perusahaan.

DESKRIPSI

LATAR BELAKANG
Bencana dapat terjadi setiap saat tanpa diduga dan dalam berbagai bentuk seperti Tsunami, Gempa Bumi, Kebakaran, Peledakan, Bocoran gas beracun atau Radiasi Nuklir dan bencana alam lain yang menyertainya. Bencana alam dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian yang sangat besar apabila tidak dapat dikendalikan dengan cepat dan terorganisir. Bencana berskala besar juga memerlukan penanganan terpadu yang melibatkan berbagai unsur dan sumber daya yang besar, perencanaan dan pengelolaan yang baik serta edukasi yang berkelanjutan.
Bencana alam seperti Gempa dan Tsunami di Aceh, Mentawai bahkan Ledakan dan kebocoran Nuklir di Negara Jepang baru-baru ini membuktikan bahwa setiap organisasi atau instansi memerlukan pengerahan sumber daya yang sangat besar dan rumit untuk mengendalikan bencana yang terjadi. Demikian juga dengan bencana industri lainnya seperti Kebakaran yang pernah terjadi pada Tangki Minyak di Cilacap dan Plumpang yang memerlukan penanganan terorganisir dan melibatkan banyak pihak.
Pertanyaan yang paling mendasar adalah apakah kita sudah untuk menghadapi setiap kemungkinan terburuk yang akan terjadi akibat efek atau dampak yang ditimbulkan oleh suatu bencana?
MAKSUD DAN TUJUAN
Dalam setiap kejadian kondisi darurat atau bencana, cenderung terjadi kepanikan sehingga upaya penanggulangan menjadi macet, tidak efektif dan bahkan malah memperparah kondisi darurat tersebut. Biasanya dalam kondisi bencana setiap orang atau unit kerja tidak terkoordinasi dengan baik dimana hal ini dapat mengakibatkan kerugian dan kerusakan bencana menjadi semakin parah.
Untuk itu diperlukan suatu strategi bagi organisasi atau unit kerja yang ditunjuk untuk mengelola dan membuat suatu perencanaan dalam menghadapi kemungkinan setiap kondisi darurat dan bencana yang mungkin terjadi secara terpadu, terstruktur, sistematis, terkoordinasi dan terlatih yaitu melalui pelatihan “Disaster Management”.
MATERI PELATIHAN
Disaster Management Workshop dimaksudkan untuk melatih dan membangun kemampuan eksekutif perusahaan dalam menghadapi bencana meliputi berbagai aspek antara lain:
1. Konsep Dasar Bencana,
2. Regulasi Bencana di Indonesia
3. Jenis-jenis Bencana (bencana alam, non alam),
4. Standar Manajemen Bencana NFPA 1600
5. Elemen Disaster Management
6. Strategi Pengembangan Disaster Management
7. Analisa Risiko Bencana (ARISCANA)
8. Organisasi dan Komunikasi Emergency
9. Program Penanggulangan Tanggap Darurat
o Emergency Response Organization
o Communication Systems
o Fire Fighting and Support
o Pre Fire Planning and Crisis Center
o Medical treatment and First aid
o Community Evacuation
o Shutdown of Operations
o Utilities and Services, Logistic etc
o Mutual Aid
o Public Information / Media
o Restoration to Normal Operation etc
10. Tugas dan Tanggung jawab Petugas
Tanggap Darurat,
11. Pre-Planning
12. Penyusunan Prosedur Tanggap Darurat
13. Audit Manajemen Bencana
14. Table Exercise Simulation
15. Case Study

INFORMASI PENDAFTARAN

Ketik SMS dengan format :
DAFTAR<spasi>
JUDULTRAINING#TGLTRAINING#NAMA#PERUSAHAAN#JMLHPESERTA#EMAIL
-kirim ke 085286451074

Contoh :
DAFTAR TRAINING ISO#2Mei2011#ARIEF#Company#3#nama@email.com

atau ISIKAN FORM BERIKUT :

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share