Analisa Jabatan & Evaluasi Jabatan

[S126]

Jakarta 23 – 24 Maret 2016
Jakarta 19 – 20 Mei 2016
Jakarta 21 – 22 Juli 2016
Jakarta 15 – 16 September 2016
Jakarta , 17 – 18 November 2016

TEMPAT

Harris Tebet Hotel Jakarta

Permintaan INHOUSE Training silahkan hubungi kami dengan mengisi form dibawah

INVESTASI

Rp. 3.500.000,- (termasuk souvenir, flask disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat)

FASILITATOR

Drs, Hendra Kusnoto, SPsi, MM, dkk

Hendra Kusnoto adalah lulusan dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1984. Pada tahun 1986 ia melanjutkan studi di Fakultas Pasca Sarjana UGM, Jurusan Psikologi Perkembangan. Pada tahun 1986, beliau juga bergabung dengan Universitas Persada Indonesia YAI . beliau mempelajari ilmu manajemen bisnis secara otodidak. Pada tahun 1989 yang bersangkutan bekerja di PT Antam. Di perusahaan ini beliau aktif dalam bidang sumber daya manusia, manajemen strategis dan manajemen perubahan serta Good Corporate Governance (GCG). Pada tahun 1996 beliau mengikuti studi di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya dan melanjutkannya dalam bidang Business Administration and Management di Melbourne University. Beliau sempat juga bekerja di perusahaan tambang terbesar di Australia (Broken Hill Propriety/BHP) di Melbourne. Sekembalinya dari studi di Australia beliau menulis buku berdasarkan hasil penelitian di perusahaan-perusahaan yang ada di Australia. Buku tersebut berjudul Praktek Manajemen Terbaik di Dunia yang diterbitkan oleh PT Gramedia pada tahun 2001.

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen strategis dan sumber daya manusia, pada tahun 1997, beliau ditunjuk sebagai salah satu anggota tim IPO (Inital Public Offering) PT Antam untuk menjadikannya sebagai perusahaan public. Di samping itu beliau juga terlibat di dalam berbagai tim strategis baik dalam bidang pengembangan usaha, maupun Manajemen Sumber Daya Manusia, Good Corporate Governance dan manajemen perubahan. Karena hobi belajarnya tidak pernah berhenti, beliau mempelajari manajemen perubahan baik secara otodidak maupun melalui pelatihan-pelatihan di dalam dan luar negeri.

Sejak tahun 2006 beliau bergabung dengan beberapa perusahaan konsultan yang bergerak dalam bidang manajemen strategis, manajemen perubahan, GCG dan manajemen sumber daya manusia. Disamping itu beliau secara pribadi juga berperan sebagai advisor yang memberikan pelatihan dan konsultasi di beberapa perusahaan baik nasional maupun asing. Perusahaan-perusahaan yang pernah ditangani al., Jasa Marga, Jasa Raharja, PGN, PTPN IX, Swedish Match dan lain-lain.

DESKRIPSI

Analisis Jabatan dan Evaluasi Jabatan

Pendayagunaan pegawai di dalam organisasi adalah kunci keberhasilan suatu perusahaan di dalam menghadapi persaingan bisnis. Proses pendayagunaan pegawai tersebut dimulai dengan analisis organisasi untuk mengetahui jenis jabatan yang diperlukan. Selanjutnya dilakukan analisis jabatan untuk menyusun uraian jabatan yang diperlukan bagi penempatan dan pembinaan pegawai. Setelah selesai dilakukan analisis jabatan, maka perlu dilakukan evaluasi jabatan untuk menemukan bobot relatif jabatan yang diperlukan dalam penyusunan jenjang jabatan yang bermanfaat dalam penetapan sistem imbalan.

Perusahaan yang berhasil menerapkan uraian jabatan dan jenjang jabatan di dalam organisasinya akan memperoleh keuntungan di dalam proses pendayagunaan dan pemberdayaan pegawai. Adanya uraian jabatan yang dihsailkan dari proses analisis jabatan akan memudahkan pimpinan dalam menempatkan, melakukan mutasi, rotasi pada posisi sesuai dengan kualifikasinya yang dibutuhkan untuk keperluan memberikan dan mendelegasikan tugas. Di samping itu uraian jabatan juga diperlukan untuk mengembangkan kompetensi dan karir pegawai sehingga proses pembinaan dapat dilakukan secara efektif.

Sedangkan hasil evaluasi jabatan yang berupa jenjang jabatan diperlukan perusahaan untuk keperluan evaluasi kinerja dan membuat sistem imbalan yang fair. Adanya sistem tersebut akan mendorong terciptanya peningkatan motivasi di kalangan pegawai sehingga tercapai peningkatan produktifitas perusahaan dapat dicapai secara maksimal. Dengan kata lain hasil dari kedua proses tersebut adalah terciptanya peningkatan kinerja yang optimal sehingga menunjang proses pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

Metodologi Pelatihan Analisis Jabatan dan Evaluasi Jabatan

Tujuan:

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang teknik-teknik analisis dan evaluasi jabatan kepada peserta pelatihan
Memberikan solusi dan rekomendasi dalam penyusunan kebijakan SDM yang terkait dengan penerapan hasil analisis dan evaluasi jabatan dalam rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan serta pemberian imbalan

Metode Pelatihan:

Ceramah
Diskusi
Games
Tugas Individual dan Kelompok

Manfaat setelah mengikuti seminar ini

Setelah mengikuti seminar ini, peserta akan memahami :

Isu-isu Organisasi dan Sumber Daya Manusia
Peran Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Kompetensi
Definisi, Peran, Pertimbangan dan Alasan Melaksanakan Analisis dan Evaluasi Jabatan
Jabatan, Posisi dan Ringkasan Tipe Data Hasil Analisis Jabatan
Metode Analisis Jabatan
Contoh uraian Jabatan
Evaluasi Jabatan
Tujuan, sasaran, manfaat evaluasi Jabatan
Metodologi evaluasi jabatan

Siapa Yang Perlu Mengikuti?

Para pimpinan dan staf bidang sumber daya manusia disarankan untuk mengikuti pelatihan ini. Di samping itu pelatihan ini dapat diikuti oleh para konsultan dan akademisi yang berperan dalam membantu memecahkan persoalan organisasi dan perusahaan.

INFORMASI PENDAFTARAN

Ketik SMS dengan format :
DAFTAR<spasi>
JUDULTRAINING#TGLTRAINING#NAMA#PERUSAHAAN#JMLHPESERTA#EMAIL
-kirim ke 085286451074

Contoh :
DAFTAR TRAINING ISO#2Mei2011#ARIEF#Company#3#nama@email.com

atau ISIKAN FORM BERIKUT :

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share