An Effective Multi-Stakeholder Process and Social Learning for Sustainability Program

[S064-06-1009]

WAKTU
6-8 Oktober 2010

TEMPAT
Hotel Bidakara, Jakarta Selatan

INVESTASI

3 orang / lebih: Rp. 5.100.000 (Sebelum 1 Oktober 2010)
Pendaftaran Regular: Rp. 5.300.000 (Sebelum 1 Oktober 2010)
Pendaftaran akhir: Rp. 5.500.000 (Setelah 1 Oktober 2010)

*: – Pendaftaran akhir pada tanggal 1 Oktober 2010

INSTRUKTUR

  • Dr. Bambang Rudito
    Antropolog; Penulis banyak buku mengenai CSR/CD/Community Services
  • Aldi Muhammad Alizar
    Ahli Multi-stakeholder dalam praktik-praktik CSR dan berpengalaman di banyak wilayah di Indonesia
  • Hidayat Al-Hamid, Ph.D
    NGO & Government relation di BP Indonesia

DESKRIPSI

Perusahaan bukan hanya entitas bisnis belaka tetapi juga entitas sosial sehingga keberadaannya mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Kenyataannya, CSR melalui community development (CD) sangat penting bagi kelangsungan hidup dan strategi jangka panjang korporasi.
Kebutuhan untuk memperkuat strategi pelibatan antar stakeholder merupakan aspek yang penting dan mendesak dalam implementasi program CSR dan demi keberlanjutan usaha. International Finance Corporation (IFC), ISO 26000 dan berbagai lembaga international lainnya memiliki persyaratan yang mutlak bagi perusahaan untuk melibatkan stakeholder dalam setiap tahapan berusaha sebuah usaha. Melalui strategi yang tepat sebuah perusahaan dapat menjalin hubungan tepat dengan stakeholder dalam implementasi CSR dan juga membangun pendekatan multi-stakeholder process dan stakeholder engagement yang efektif bagi implementasi CSR.
Dengan strategi stakeholder engagement yang efektif diharapkan implementasi program CSR dapat terwujud sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan.
Berangkat dari pemikiran di atas, Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD) menggagas dilaksanakannya training dengan tema “An Effective Multi-Stakeholder Process and Social Learning for Sustainability Program”, untuk meningkatkan kapasitas pelaku baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik dalam mengelola program CSR, khususnya dalam hal multi-stakeholder process dan stakeholder engagement.

TUJUAN PELATIHAN

1. Pemahaman tentang pengertian akan stakeholder dan bagaimana pentingnya menjalin hubungan kemitraan dengan stakeholder
2. Pemahaman dan peningkatan ketrampilan para peserta dalam melakukan stakeholder mapping, mengidentifikasi stakeholder, dan membangun program kemitraan bersama stakeholder dalam kerangka program CSR yang efektif melalui kemitraan antar stakeholder
3. Berbagi pengalaman, baik antar peserta maupun dengan narasumber mengenai permasalahan dalam membangun kemitraan antar stakeholder dan strategi penyelesaiannya.

OUTPUT PELATIHAN

1. To broaden practical knowledge peserta dalam membangun hubungan dengan berbagai pihak untuk CSR & CD in practice
2. To develop skill dan kapasitas peserta dalam melakukan stakeholder mapping, stakeholder identification, dan melakukan stakeholder engagement process.

INFORMASI PENDAFTARAN

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share