Advance SOP Writing_8th Batch

[S038-459-1008]

WAKTU
September 6th – 7th, 2010

TEMPAT
Aryaduta Hotel / Grand Flora Hotel

INVESTASI

Rp. 1.950.000, – (Registration 3 person/more; payment before August 30th, 2010)
Rp. 2.250.000, – (Reg before August 23rd, 2010; payment before August 30th, 2010)
Rp. 2.750.000, – (Full Fare)

INSTRUKTUR

Adil Kurnia
Psikolog dari UI serta mengikuti Program Magister bidang Manajemen SDM dan Profesi Psikologi bidang Industri & Organisasi. Saat ini beliau mengelola Konsultan SDM sendiri sekaligus sebagai Associate Consultant pada beberapa Konsultan SDM & Manajemen. Selama pengalamannya lebih dari 15 tahun baik sebagai konsultan maupun praktisi, beliau banyak memberikan jasa konsultansi, pelatihan dan rekrutmen untuk Departemen, BUMN maupun perusahaan swasta, antara lain Dephub, Depkeu, Deperindag, BPKP, Setjen DPR-RI, PT. Pelabuhan Indonesia, PT. Jasa Marga, PT. Asuransi Jasa Raharja, PT. Asuransi Ekspor Indonesia, PT. Telkom, Hotel Indonesia, Hotel Preanger, PT. Aerowisata, Bank Indonesia, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, PT. Krakatau Steel, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. Kawasan Berikat Nusantara, PD. Pasar Jaya, PT. Matahari Putra Prima, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, PT. Secure Parking, RS. Muhammadiyah. Dengan pendidikan dan berbagai pengalaman yang dimiliki, beliau sangat kompeten dalam memberikan bagaimana mendisain dan menuliskan job description yang tepat sesuai dengan jenis instansi/perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan job description.

DESKRIPSI

Membuat dan menulis SOP (Standard Operating Procedures) menjadi berat dan sulit apabila tidak diketahui cara membuatnya. SOP yang kurang lebih berarti who does what seringkali menjadi counterproductive karena tidak ditulis dengan benar dan komunikatif. Beberapa penyebab kesulitan menulis SOP adalah a) belum paham proses bisnis yang ada dan hubungan antar-departemen b) belum menguasai teknik penulisan c) mendapat informasi dan pelatihan yang terbatas d) berpikir hanya Write What You Do.
Standard Operating Procedure adalah salah satu metode kerja yang dibuat untuk memastikan proses bisnis berjalan sesuai dengan rencana dan aturan-aturan dan untuk kepuasan pelanggan; baik eksternal maupun internal, disamping itu, SOP berfungsi sebagai alat pengendali konsistensi keluaran (output) dari suatu proses atau sub-proses usaha. Penulisan SOP yang mudah dibaca dan dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antar departemen.
Pada pelatihan ini, fasilitator memberikan pemahaman dan ketrampilan dari mulai mengapa diperlukan SOP, SOP dan Bisinis proses, teknik pembuatan melalui wawancara hingga mengevaluasi penerapannya.

Sasaran :
1. Memiliki ketrampilan menulis efektif
2. Memiliki pemahaman tentang bisnis proses, SOP dan instruksi kerja
3. Mampu menyusun checklist untuk sarana wawancara
4. Mampu menyusun SOP yang lengkap dan aplikatif
5. Memperoleh contoh format Prosedur dari berbagai perusahaan yang telah bersertifikat ISO 9000

Outline :
Day 1
1. Filosofi dan difinisi proses bisnis, prosedur dan instruksi kerja
SOP dan hubungannya dengan fundamental business systems ISO 9000
2. Persyaratan dan Peraturan yang berhubungan dengan SOP
3. Analisa uraian tugas dan persyaratan kerja
4. Teknik penulisan efektif dan format dan elemen SOP
5. Proses dan Flowcharting
6. Menentukan dan memilih tingkat perincian SOP (Who Does What)

Day 2
1. Beyond Write What You Do
2. Merancang SOP yang up-to-date dan masih diperbaharui
3. Latihan menyusun SOP berbasis wawancara dan process mapping
4. Merancang SOP untuk Marketing
5. Merancang SOP untuk Perencanaan dan Produksi
6. Merancang SOP untuk Logistik, Pembelian dan Keuangan
7. Merancang SOP untuk Penawaran
8. Merancang SOP untuk HRD/GA
9. Merancang SOP untuk Warranty/ Aftersales

INFORMASI PENDAFTARAN

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share

Comments are closed.

Post Navigation

Share